Presiden Jokowi Ingin PON 2020 di Papua Jadi Unjuk Keberagaman Indonesia

presiden jokowi

topmetro.news – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas, membahas persiapan penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua pada 2020. Presiden Jokowi ingin pesta olahraga antarprovinsi itu jadi ajang menunjukkan keberagaman Indonesia. “Saya ingin ingatkan bahwa PON bukan hanya kompetisi olahraga semata,” ujar Jokowi dalam sambutannya saat memimpin rapat terbatas, persiapan penyelenggaran PON XX Papua di Kantor Presiden Jakarta, pada Senin (26/08/2019)

“Namun, PON adalah arena kita bersama untuk merayakan keragaman, mempertebal semangat persaudaraan, kita sebagai bansga dan arena memperkuat persatuan dan kesatuan,” sambung Kepala Negara di hadapan para menteri dan pejabat terkait.

Jokowi mengingatkan jajaran menterinya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung PON. Mulai dari pembangunan venue, non-venue hingga kesiapan akomodasi bagi para atlet dan official. “Saya minta para menteri terkait, Gubernur Papua, kita untuk terus terjun langsung memantau dan mengecek perkembangan dan persiapan di lapangan. Lakukan evaluasi secara berkala tentang masalah, dan kemajuan yang sudah dicapai di lapangan,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memint,a agar para menterinya untuk memikirkan agar pembangunan infrastruktur juga bisa digunakan, usai penyelenggaraan PON. Ia pun tak ingin sarana dan prasarana, yang dibangun menjadi tak terawat dan akhirnya rusak.

“Saya minta Pak Gubernur, membuat rencana pemanfaatan sarana prasaana olahraga, terutama untuk pembinaan bibit unggul anak Papua di bidang olahraga. Dan Saya yakin, Tanah Papua akan lahirkan talenta-talenta yang hebat di bidang olahraga, termasuk sepakbola, atletik dan cabang lain,” ungkap Presiden Jokowi. (TMN)

sumber:okezone.com

Related posts

Leave a Comment